Kamis, 24 Desember 2020

Implementasi Literasi Digital di Masa Pandemi

    Pandemi COVID-19 yang menyebar ke seluruh belahan dunia, telah mengubah seluruh sektor kehidupan salah satunya sektor pendidikan. Institusi pendidikan baik di tingkat dasar, menengah sampai ke perguruan tinggi harus mampu merespon dengan cepat atas permasalahan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19. Salah satu caranya yaitu dengan mengubah sistem pembelajaran yang semula menggunakan pembelajaran secara tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh yang sering kita sebut pembelajaran daring.

    Pada perguruan tinggi ada beberapa permasalahan yang muncul akibat pembelajaran daring salah satunya yaitu mengenai kesiapan dosen dan mahasiswa dalam menyelenggarakan pembelajaran daring. Pembelajaran daring memaksa dosen dan mahasiswa untuk mampu menggunakan teknologi sebagai penghubung proses belajar mengajar. Bagi mahasiswa pembelajaran daring dapat meningkatkan kemandirian belajar dan mendorong untuk tetap berkreasi serta dapat meningkatkan literasi digital dikalangan mahasiswa.

    Selama pemerintah menetapkan pembelajaran jarak jauh yang disebabkan pandemi COVID-19, kegiatan literasi pelajar khususnya mahasiswa menurun. Di sisi lain, pandemi COVID-19 menyebabkan literasi digital meningkat. Pembelajaran jarak jauh lebih identik dengan pembelajaran online. Para siswa ataupun mahasiswa bisa memanfaatkan teknologi yang dimiliki untuk membantu dalam belajar, seperti aplikasi Google Class Room, Zoom dan sebagainya.

    Seperti yang kita ketahui bahwa literasi memiliki arti kegiatan membaca, menulis dan kemampuan dalam menerima informasi. Tetapi, pada masa sekarang pengertian literasi mengalami perkembangan dan memiliki variasi. Seperti literasi kesehatan, politik, teknologi, digital dan yang lainnya. Untuk literasi digital yang sedang meningkat di masa sekarang memiliki sisi baik. Pelajar dapat memanfaatkannya dengan baik sehingga memudahkan memperoleh informasi dan pengetahuan. Akan tetapi peran orang tua juga sangat penting dalam mengawasi anak ketika belajar.

Literasi digital

    Arti dari literasi digital adalah kemampuan seseorang dalam memanfaatkan teknologi digital dan alat komunikasi. Dengan kemampuan tersebut diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan dan menggunakannya dengan maksimal dan tetap bertanggung jawab atas apa yang dilakukan. Literasi digital saat ini berperan penting dalam dunia pendidikan. Penting bagi elemen pendidikan untuk meningkatkan dan melatih para pelajar agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.

    Implementasi literasi digital dalam dunia pendidikan mempunyai banyak manfaat. Sekolahan akan semakin siap dalam menghadapi berbagai tantangan jika mampu menggunakan teknologi dengan baik. Perkembangan teknologi membuat persaingan dikalangan pelajar untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki samakin ketat. Siswa dan mahasiswa mulai memahami betapa pentingnya mengembangkan kemampuan digital dalam meningkatkan hasil belajar. 

    Dunia digital terus berkembang dan menjadikan dunia pendidikan terus berupaya meningkatkan kemampuan literasi digital, khususunya dikalangan pelajar. Pada dasarnya semua implementasi memerlukan pemantauan agar dapat diketahui sejauh mana implementasi berjalan. Pemantauan dapat membantu instansi pendidikan untuk melihat apakah implementasi sudah tepat atau belum. 

    Selalu ada hikmah dibalik suatu kejadian. Berikut merupakan salah satu bentuk rasa syukur. Berdasarkan hasil riset diketahui bahwa keahlian untuk mengakses media digital belum diimbangi dengan kemampuan menggunakan untuk kepentingan memperoleh informasi dan pengetahuan. Oleh karenanya, litarasi digital yang tumbuh dari pembelajaran daring tidak sekedar hanya penguasaan teknologi namun lebih pada etika penggunaannya. Artinya pendidik, peserta didik dan orang tua diharapkan memiliki kemampuan dalam penggunaan media digital dengan etika dan tata krama yang baik dan bijak.

    Sebagai generasi muda yang kreatif, kritis dan inovatif sebaiknya kita mampu menggunakan dan memanfaatkan teknologi dengan baik dan sebagaimana mestinya. Jika kita mampu menggunakan dengan baik, literasi digital dapat kita gunakan sebagai senjata untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang baik. Dengan adanya literasi digital maka bertindak sebagai penyaring informasi selama menggunakan media sosial.

    Literasi digital itu sendiri memiliki banyak manfaat yaitu mempermudah memperoleh informasi, mempermudah proses komunikasi dan hemat waktu. Dibalik manfaatnya apabila digunakan yang tidak semestinya akan berdampak buruk bagi kehidupan pribadi dan sosial. Oleh karena itu, teknologi digital perlu dikembangkan guna membangun karakter bangsa. Karena gelombang besar dunia digital tak terbendung, digital menguatkan siapapun yang memanfaatkan dengan baik namun tak jarang menghancurkan seseorang dengan berbagai cara. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menumbuhkan Semangat Literasi pada anak-anak Dusun Sukorame di Masa Pandemi

   Pandemi virus Corona yang melanda seluruh belahan dunia telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, terutama aspek pendidikan. Keadaan in...